Buka Rakor Kades Se-Batang Hari, Wabup Bakhtiar Harapkan Pemerintahan Desa Yang Efektif Dan Efisien Kepala Diskominfo Kabupaten Batanghari, Membuka Secara Resmi Rapat Pembinaan Operator Jaringan Komunikasi Terkait PSU Dua TPS Di Desa Kembang Seri, Wakil Bupati H. Bakhtiar Hadiri Rapat Koordinasi Bersama KPU Batanghari Dicekik Saat Menjalankan Tugas, Debb Colector FIF Cabang Muara Bulian Lapor Ke Polres Batanghari Warga Aro Di Hebohkan Dengan Maraknya Pencurian Rumah, Kadus Ari : Diduga Karna Maraknya Peredaran Narkoba

Home / Batanghari / Budaya / Religi

Rabu, 19 Juli 2023 - 21:35 WIB

Api Obor Berkobar, Malam Tahun Baru Islam di Desa Bajubang Laut Meriah

Lintasjambi.co.id.Batanghari. – Ratusan orang pemuda yang tergabung dalam Remaja Masjid Miftahul Jannah (RMMJ) Desa Bajubang Laut, Kecamatan Muara Bulian, Kabupaten Batanghari. Selasa malam 18 juli 2023, meriahkan malam Tahun Baru Islam 1445 Hijriah dengan pawai obor keliling kampung.

 

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa ataupun tokoh agama serta masyarakat di desa setempat. Mereka tampak antusias berjalan kaki, sambil melantunkan sholawat kepada Nabi Muhammad SAW.

 

Ketua Remaja Masjid Miftahul Jannah Desa Bajubang Laut Pirdana Atrio Putra, SE mengatakan, bahwa kegiatan pawai bernuansa islami seperti ini sudah menjadi tradisi tahunan yang mereka galakkan.

BACA JUGA  Wabup Batang Hari H. Bakhtiar, SP Melaksanakan Sholat Idul Fitri di Masjid Al-Muhajirin Rengas Condong

 

“Iya, Alhamdulillah ini kegiatan rutin yang kami laksanakan dalam setiap tahun. Kegiatan ini salah satu tradisi yang positif dari kami khususnya Remaja Masjid di Desa Bajubang Laut,”ujarnya.

 

Menurutnya, momentum tersebut juga sebagai bentuk rasa syukur masyarakat kepada Allah SWT, untuk mengawali tahun baru Hijriah ini menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya. Serta dapat menjadi semangat bagi generasi muda, untuk selalu memahami sejarah dari setiap Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) yang dilaksanakan.

 

“1 Muharram ini merupakan salah satu momentum penting yang tertuang dalam kalender islam. Yakni merujuk pada peristiwa Hijrahnya Nabi Muhammad SAW bersama para sahabatnya, dari Kota Mekkah ke Kota Madinah. Sehingga peristiwa sejarah ini perlu kita ingat sebagai umat muslim, apalagi generasi penerus,” kata Pirdana.

BACA JUGA  Hasbi Anshory, Anggota DPR-RI : Empat Pilar Kebangsaan Menjadi Pedoman Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara. 

 

Pirdana juga mengatakan, kegiatan ini juga sebagai salah satu wujud implementasi yang nyata dari mereka untuk direalisasikan. Sehingga keberadaan pemuda dapat dirasakan, dan tentunya memberikan manfaat ditengah masyarakat.

 

“Kami ingin membuktikan, melalui kegiatan apapun, dan wadah atau organisasi apapun. Pemuda khususnya di Desa Bajubang Laut, adalah generasi yang bisa diandalkan. Peran aktif pemuda adalah semangat yang menjadi kekuatan positif,” tegasnya. (Erw)

Share :

Baca Juga

Batanghari

Bupati Batanghari MFA, Serahkan Satu Unit Ambulans Ke Puskesmas Teluk Leban

Batanghari

Bupati MFA Lantik Delapan Orang  Pejabat Eselon II di Lingkup Pemerintah Kabupaten Batanghari

Batanghari

M. Zein Anggota DPRD Kabupaten Batanghari, Hadiri Peresmian Polindes Alam Sakti Desa Bungku

Batanghari

KETUA FRAKSI DEMOKRAT MENGUCAPKAN SELAMAT HUT KE-74 KABUPATEN BATANGHARI

Batanghari

Melantik 37 Kades Terpilih Tahap II, Bupati MFA Mengingatkan, Tugas Kepala Desa Tidaklah Mudah dan Penuh Dengan Tantangan

Batanghari

Hadiri Paripurna DPRD, Wabup H. Bakhtiar : Hubungan Baik Antara DPRD Dengan Pemda Batanghari Dapat Terus Dipertahankan

Batanghari

Menjadi Narasumber Pada Rakor Paud,  Zulva Fadhil, Ada 3 Target Dalam Penguatan Transisi Paud Ke SD Yang Menyenangkan, Salah Satunya  PPDB Tanpa Calistung

Batanghari

KaDiskominfo Batang Hari Terima Langsung Tiga Penghargaan LPPL Awards