Bupati MFA Serahkan Secara Simbolis Sertifikat Program PTSL Dan Beasiswa Batanghari Tangguh Untuk Kecamatan Muara Tembesi Bupati MFA Serahkan Serahkan Sertifikat Program PTSL Dan Beasiswa Tangguh Untuk Tahun 2023 Mewakili Bupati, Asisten 1 Setda Batanghari Membuka Acara Workshop Dan Bimtek CSIRT Bupati Batang Hari Mhd Fadhil Arief Terima Kunjungan Komisi Informasi Propinsi Jambi Bupati MFA Beserta Keluarga Besarnya Menyalurkan Suara Pemilu Serentak Di TPS 11 Rengas Condong

Home / Batanghari / Budaya / Religi

Rabu, 19 Juli 2023 - 21:35 WIB

Api Obor Berkobar, Malam Tahun Baru Islam di Desa Bajubang Laut Meriah

Lintasjambi.co.id.Batanghari. – Ratusan orang pemuda yang tergabung dalam Remaja Masjid Miftahul Jannah (RMMJ) Desa Bajubang Laut, Kecamatan Muara Bulian, Kabupaten Batanghari. Selasa malam 18 juli 2023, meriahkan malam Tahun Baru Islam 1445 Hijriah dengan pawai obor keliling kampung.

 

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa ataupun tokoh agama serta masyarakat di desa setempat. Mereka tampak antusias berjalan kaki, sambil melantunkan sholawat kepada Nabi Muhammad SAW.

 

Ketua Remaja Masjid Miftahul Jannah Desa Bajubang Laut Pirdana Atrio Putra, SE mengatakan, bahwa kegiatan pawai bernuansa islami seperti ini sudah menjadi tradisi tahunan yang mereka galakkan.

BACA JUGA  Diduga Tidak Memiliki Izin, PT. LIS Sudah Beroperasi

 

“Iya, Alhamdulillah ini kegiatan rutin yang kami laksanakan dalam setiap tahun. Kegiatan ini salah satu tradisi yang positif dari kami khususnya Remaja Masjid di Desa Bajubang Laut,”ujarnya.

 

Menurutnya, momentum tersebut juga sebagai bentuk rasa syukur masyarakat kepada Allah SWT, untuk mengawali tahun baru Hijriah ini menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya. Serta dapat menjadi semangat bagi generasi muda, untuk selalu memahami sejarah dari setiap Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) yang dilaksanakan.

 

“1 Muharram ini merupakan salah satu momentum penting yang tertuang dalam kalender islam. Yakni merujuk pada peristiwa Hijrahnya Nabi Muhammad SAW bersama para sahabatnya, dari Kota Mekkah ke Kota Madinah. Sehingga peristiwa sejarah ini perlu kita ingat sebagai umat muslim, apalagi generasi penerus,” kata Pirdana.

BACA JUGA  Bupati Batanghari Jadi Narasumber Kolaborasi Desa Laboratorium Terpadu Antara UNJA Dengan Pemkab 

 

Pirdana juga mengatakan, kegiatan ini juga sebagai salah satu wujud implementasi yang nyata dari mereka untuk direalisasikan. Sehingga keberadaan pemuda dapat dirasakan, dan tentunya memberikan manfaat ditengah masyarakat.

 

“Kami ingin membuktikan, melalui kegiatan apapun, dan wadah atau organisasi apapun. Pemuda khususnya di Desa Bajubang Laut, adalah generasi yang bisa diandalkan. Peran aktif pemuda adalah semangat yang menjadi kekuatan positif,” tegasnya. (Erw)

Share :

Baca Juga

Batanghari

Bupati Batang Hari Mhd Fadhil Arief, SE, Mengukuhkan Pengurus Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (FORIKAN) Kabupaten Batanghari Tahun 2022

Batanghari

Bupati Batanghari Damping Menteri ATR/BPN Serahkan Sertifikat Kepada Warga SAD 113 Desa Singkawang

Batanghari

Hadiri Paripurna DPRD Tentang Nota LKPD TA 2022, Wabup Bakhtiar. SP : Kabupaten Batang Hari Kembali Meraih Predikat WTP

Batanghari

Ketua DPRD Batanghari Gelar Open House Bertujuan Mempererat Tali Silaturahmi

Batanghari

Senam Sehat Bersama di Taman Pedestrian Tapa Melenggang Dengan Tema “Car Free Day”

Batanghari

Bupati Fadhil Arief Laksanakan Halal Bihalal Bersama Masyarakat Sungai Baung 

Batanghari

Jeritan Histeris Ibu Korban, Melihat Triani Agustina Terbujur Tak Bernyawa

Batanghari

Sesosok Mayat Pria Ditemukan Dikamar Mandi SPBU Muara Bulian