RUU Penyiaran Dinilai Bungkam Kebebasan Pers, IWO Kritik Pembentuk Undang-Undang Wabup H. Bakhtiar Pimpin Rombongan Audiensi Ke Direktorat Pembibitan Dan Produksi Ternak DiJakarta. Sering Kehilangan Ternak, Warga Desa Aro Mintak Aparat Penegak Hukum Untuk Dapat Menangkap Pelakunya Wakil Bupati H.Bakhtiar Lakukan Audiensi Dengan Kementerian PPN/Bappenas, Demi Percepatan Pembangunan Di Batanghari Bupati MFA Kenal Pamit Bersama Dandim 0415/Jambi

Home / Batanghari / Kesehatan

Jumat, 13 Oktober 2023 - 20:23 WIB

Hadiri Launching Pilot Project PEK Bupati MFA : Saya Ingin Stunting Di Kabupaten Batang Hari Ini Hilang

Lintasjambi.co.id.Batanghari.- Bupati Batang Hari Muhammad Fadhil Arief  menghadiri Launching Pilot Project PEK Peduli Stunting bertempat di ruang kaca rumah dinas Bupati Batang Hari, yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Batang Hari melalui TP PKK Kabupaten Batang Hari. Kamis,12/10/2023.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan Kelompok UPPKA serta meningkatkan kepedulian Kelompok UPPKA terhadap program percepatan penurunan angka stunting.

Pada kegiatan itu TP PKK Batang Hari juga melakukan Pemberdayaan Ekonomi Keluarga (PEK) peduli stunting dengan menyalurkan bantuan bahan pangan kepada keluarga penerima program ayah ibu asuh bagi anak-anak yang dinyatakan stunting.

Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi Putut Riyatno mengatakan berdasarkan hasil survei dari SGGI pada tahun 2021 Batang Hari angka stunting 24,5 persen, dan kenapa ditahun 2022 naik menjadi 26,3 persen bahwa target nasional saat ini untuk penurunan stunting yakni diangka 14 persen. Ia mengatakan bahwa berdasarkan data SGGI angka stunting di Kabupaten Batang Hari mengalami peningkatan.

BACA JUGA  Bupati MFA Hadiri Undangan Media Tempo, Dalam Sesi Wawancara Dengan Tema " Teras Negeri"

Akan tetapi dia juga cukup bangga bahwa data per Februari sampai dengan September ini ada penurunan angka bayi pendek dan sangat pendek dari 1665 turun menjadi 1314 mengalami penurunan cukup signifikan.

“Kami harap sampai akhir Desember bisa turun 50 persen sehingga Kabupaten Batang Hari ditahun 2023 bisa turun. Tentu dengan kerja keras seluruh instansi dan sektor. Semoga bisa diturunkan stunting,” ujarnya.

Ia juga berharap, dengan adanya pemberian bantuan kepada keluarga penerima serta progam ayah ibu asuh bagu bayi stunting ini dapat menurunkan angka stunting di Kabupaten Batang Hari.

Bupati Batang Hari MFA dalam sambutannya menekankan agar dalam pendataan stunting benar-benar valid, tidak copy paste jadi datanya by name by address.

“Saya minta Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) melakukan pendataan yang valid. Sehingga dapat diidentifikasi penyebab anak-anak tersebut menjadi stunting,” ujarnya.

BACA JUGA  Quzwaini.M.SP, Hadiri Peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad. SAW Dimasjid Nurul Iman Desa Malapari

Terkait dengan Pemberdayaan Ekonomi Keluarga, jika pendataannya benar by nime by address, kita akan tahu ibu ini bakadnya apa, tambahnya

Ia mengatakan, bahwa pihaknya cukup serius dalam menangani kasus stunting di Kabupaten Batang Hari. Pemerintah Kabupaten Batang Hari ditahun 2023 ini berhasil meraih Universal Health Coverage (UHC) kepesertaan JKN KIS sebesar 96,66 persen dari jumlah penduduk Kabupaten Batang Hari.

Sebenarnya penanganan stunting tidak begitu sulit karena Jaminan kesehatan bagi masyarakat di Kabupaten Batang Hari sudah diangka hampir 97 persen.

“Saya tidak perduli berapa persen, saya ingin stunting di Kabupaten Batang Hari ini hilang, karena anak-anak ini nantinya yang akan meneruskan kita, saya minta pak Kadis perbaikan datanya,” tegas Bupati MFA. (AD)

Share :

Baca Juga

Batanghari

Ketua DPRD Batanghari, Anita Yasmin, SE, Hadiri Apel Kebangsaan Dan Deklarasi Pemilu Damai 2024

Batanghari

Wakil Bupati Batanghari Lakukan Penandatanganan Nota Kesepakatan KUPA dan PPAS APBD-P Tahun 2023

Batanghari

Wakil Ketua I DPRD Batanghari M. Jaafar, SH Hadiri Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023

Batanghari

Bupati Fadhil Arief Laksanakan Halal Bihalal Bersama Masyarakat Sungai Baung 

Batanghari

Hadiri HUT RSUD HAMBA Ke- 41, Pesan Bupati MFA : Jadikan Pelayanan Itu Menjadi Kepuasan Bagi Masyarakat

Batanghari

Menjadi Narasumber Pada Rakor Paud,  Zulva Fadhil, Ada 3 Target Dalam Penguatan Transisi Paud Ke SD Yang Menyenangkan, Salah Satunya  PPDB Tanpa Calistung

Batanghari

Bupati Batanghari Mhd Fadhil Arief, Melantik H. Reflizer. SE Sebagai Kadis Dukcapil 

Batanghari

Peringati Hari Bela Negara, Empat ASN Sabet Penghargaan Berprestasi Dari Pemkab Batanghari