Wabup H. Bakhtiar Pimpin Rombongan Audiensi Ke Direktorat Pembibitan Dan Produksi Ternak DiJakarta. Sering Kehilangan Ternak, Warga Desa Aro Mintak Aparat Penegak Hukum Untuk Dapat Menangkap Pelakunya Wakil Bupati H.Bakhtiar Lakukan Audiensi Dengan Kementerian PPN/Bappenas, Demi Percepatan Pembangunan Di Batanghari Bupati MFA Kenal Pamit Bersama Dandim 0415/Jambi Nah….  Tongkang Batu Bara Kembali Berulah

Home / Batanghari / Daerah

Rabu, 14 Juni 2023 - 21:17 WIB

Launching Polisi RW, Kapolres Batanghari AKBP Bambang Purwanto,S.I.K : Bertugas Melayani Aduan Dan Keluh Kesah Masyarakat Ditingkat Rukun Warga

Lintasjambi.co.id.Batanghari.- Polres Batanghari gelar Apel Launching Polisi RW di halaman Polres Batanghari,dipimpin langsung oleh Kapolres Batanghari AKBP Bambang Purwanto,S.I.K,.Rabu, 14/06/2023.

Hadir juga ikut dalam kegiatan Apel beberapa pejabat lurah dan RW lingkup Kecamatan dan Kabupaten serta Kapolsek dari delapan Kecamatan.

Implementasi dari program Polisi RW ini adalah menempatkan satu polisi untuk satu RW. Namun, personel polisi yang bertugas pada program ini di luar dari anggota Bhabinkamtibmas yang ada di masing-masing kecamatan dan kelurahan.

Polisi RW bertugas melayani aduan masyarakat di tingkat Rukun Warga, jika masyarakat memiliki keluhan ataupun aduan terkait kejahatan dan tindak kriminalitas dapat langsung melapor kepada Polisi RW yang ada di lingkungannya.

Polisi yang bertugas di RW tersebut menjadi penanggung jawab atas keamanan di wilayahnya. Mereka diwajibkan untuk bertemu secara berkala dengan ketua RW, ketua RT, tokoh agama dan tokoh masyarakat sekitar.

BACA JUGA  Diduga Oknum Kades Di Kecamatan Lembah Masurai Jual Tanah TKD

Dalam sambutannya, Kapolres Batang Hari, AKBP Bambang Purwanto.S.I.K, mengatakan pada program ini semua anggota Polri dari semua fungsi melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai pembina kamtibmas di tingkat RW (yaitu mendengarkan keluhan warga dan problem solving).

Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kembali kepercayaan masyarakat kepada Polri serta mengedepankan upaya preemtif dalam mewujudkan stabilitas Keamanan Dalam Negeri (Kemdagri).

Konsep Polisi RW memungkinkan terjadinya interaksi untuk saling memecahkan masalah secara bersama dan saling mengembangkan sikap positif.

Polisi RW juga bertugas menyadarkan masyarakat atau komunitas pada posisinya yang sedang dilayani oleh Polri dan membuka peluang untuk bekerja sama dengan komunitas masyarakat.

BACA JUGA  Wakil Bupati Batanghari H. Bakhtiar. SP Hadiri Rapat Paripurna DPRD

Dalam hal ini adalah mengendalikan masalah yang terdapat di dalam komunitas tersebut dengan menerapkan prinsip community polling dan restoratif justice serta akuntabilitas.

“Adanya program Polisi RW ini, harapannya dapat membangun interaksi yang konsisten dengan masyarakat untuk membangun citra Polri,”terang AKBP Bambang Purwanto,S.I.K

Ia juga mengatakan bahwa Polisi RW diminta untuk mendengarkan, menerima dan berempati terhadap keluh kesah masyarakat serta keinginan dan harapan masyarakat di wilayah RW masing-masing.

Di Akhir sambutannya, Kapolres Batanghari menegaskan, Polisi RW Jajaran Polres Batanghari harus “ Hadir, Berbuat, dan Bermanfaat Bagi Masyarakat“ khususnya di wilayah Kabupaten Batang Hari yang tercinta.”tegas Kapolres.

“Dengan harapan semoga situasi kamtibmas wilayah hukum Polres Batanghari tetap dalam keadaan aman dan kondusif,” pungkasnya. (AD)

Share :

Baca Juga

Batanghari

Tanggapan A.Somat. ST dan Rindra Musil, SH. S.Kom Tentang Film Selembar Mimpi

Batanghari

Apel Kebangsaan Dan Deklarasi Pemilu Damai 2024, Diakhiri Dengan Penanda Tanganan Kesepakatan 

Batanghari

Ketua DPRD Batanghari Anita Yasmin, SE  Membantah Tudingan Dirinya Tidak Pernah Melaksanakan Reses

Batanghari

Bupati Batang Hari Penuhi Undangan Sunatan Massal di Desa Sungkai

Batanghari

Warga Pertanyakan Humas PT IKU, Yang Diduga Memiliki Lahan Diperkebunan Plasma KUD Sinar Tani Desa Muara Singoan

Batanghari

Lepas Keberangkatan Peserta Festival Literasi Nasional 2023, Bupati MFA : Orang Yang Literasinya Baik, Cendrung Bisa Menentukan Profesi 

Batanghari

3 Pemuda SAD Diduga Dianiaya Pelaku Ilegal Drilling

Batanghari

Kasat Lantas Polres Batanghari Adakan Sosialisasi Tentang Aturan Berlalu Lintas Sejak Dini Kepada Anak Paud Kemala Bhayangkari