Tiga Tahun Dibawah Kepemimpinan Fadhil – Bakhtiar, Batanghari Terus Maju Dan Berkembang Mewakili Bupati, Asisten 1 Setda Batanghari Menjadi IRUP Apel Rutin Senin Secara Simbolis  Bupati MFA Serahkan Beasiswa Tangguh Dan Sertifikat Program PTSL Untuk Kecamatan Muara Bulian Bupati Batanghari  Menerima Kunjungan Civitas Akademika IAI Nusantara Beserta Rombongan Bupati MFA Serahkan Secara Simbolis Sertifikat Program PTSL Dan Beasiswa Batanghari Tangguh Untuk Kecamatan Muara Tembesi

Home / Batanghari / Daerah

Rabu, 14 Juni 2023 - 21:17 WIB

Launching Polisi RW, Kapolres Batanghari AKBP Bambang Purwanto,S.I.K : Bertugas Melayani Aduan Dan Keluh Kesah Masyarakat Ditingkat Rukun Warga

Lintasjambi.co.id.Batanghari.- Polres Batanghari gelar Apel Launching Polisi RW di halaman Polres Batanghari,dipimpin langsung oleh Kapolres Batanghari AKBP Bambang Purwanto,S.I.K,.Rabu, 14/06/2023.

Hadir juga ikut dalam kegiatan Apel beberapa pejabat lurah dan RW lingkup Kecamatan dan Kabupaten serta Kapolsek dari delapan Kecamatan.

Implementasi dari program Polisi RW ini adalah menempatkan satu polisi untuk satu RW. Namun, personel polisi yang bertugas pada program ini di luar dari anggota Bhabinkamtibmas yang ada di masing-masing kecamatan dan kelurahan.

Polisi RW bertugas melayani aduan masyarakat di tingkat Rukun Warga, jika masyarakat memiliki keluhan ataupun aduan terkait kejahatan dan tindak kriminalitas dapat langsung melapor kepada Polisi RW yang ada di lingkungannya.

Polisi yang bertugas di RW tersebut menjadi penanggung jawab atas keamanan di wilayahnya. Mereka diwajibkan untuk bertemu secara berkala dengan ketua RW, ketua RT, tokoh agama dan tokoh masyarakat sekitar.

BACA JUGA  Lain Yang Pinjam uang, Lain Yang Ditagih, Itulah Ulah FT Selaku Karyawan BRI Muara Bulian

Dalam sambutannya, Kapolres Batang Hari, AKBP Bambang Purwanto.S.I.K, mengatakan pada program ini semua anggota Polri dari semua fungsi melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai pembina kamtibmas di tingkat RW (yaitu mendengarkan keluhan warga dan problem solving).

Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kembali kepercayaan masyarakat kepada Polri serta mengedepankan upaya preemtif dalam mewujudkan stabilitas Keamanan Dalam Negeri (Kemdagri).

Konsep Polisi RW memungkinkan terjadinya interaksi untuk saling memecahkan masalah secara bersama dan saling mengembangkan sikap positif.

Polisi RW juga bertugas menyadarkan masyarakat atau komunitas pada posisinya yang sedang dilayani oleh Polri dan membuka peluang untuk bekerja sama dengan komunitas masyarakat.

BACA JUGA  Jeritan Histeris Ibu Korban, Melihat Triani Agustina Terbujur Tak Bernyawa

Dalam hal ini adalah mengendalikan masalah yang terdapat di dalam komunitas tersebut dengan menerapkan prinsip community polling dan restoratif justice serta akuntabilitas.

“Adanya program Polisi RW ini, harapannya dapat membangun interaksi yang konsisten dengan masyarakat untuk membangun citra Polri,”terang AKBP Bambang Purwanto,S.I.K

Ia juga mengatakan bahwa Polisi RW diminta untuk mendengarkan, menerima dan berempati terhadap keluh kesah masyarakat serta keinginan dan harapan masyarakat di wilayah RW masing-masing.

Di Akhir sambutannya, Kapolres Batanghari menegaskan, Polisi RW Jajaran Polres Batanghari harus “ Hadir, Berbuat, dan Bermanfaat Bagi Masyarakat“ khususnya di wilayah Kabupaten Batang Hari yang tercinta.”tegas Kapolres.

“Dengan harapan semoga situasi kamtibmas wilayah hukum Polres Batanghari tetap dalam keadaan aman dan kondusif,” pungkasnya. (AD)

Share :

Baca Juga

Batanghari

Anita Yasmin Selaku Ketua DPRD Batanghari, Hadiri  Rakor Pengamanan Idul Fitri

Batanghari

Akhirnya Tandri Nakhodai KONI Batang Hari

Batanghari

Kajari Batang Hari Pimpin Upacara HUT Persaja ke 72 Tahun

Batanghari

Bupati Batanghari Lakukan Pengukuhan Paskibraka HUT RI Ke-78 Tahun 2023

Daerah

Kondisi Jembatan Gantung Desa Muara Siau Memprihatinkan, Butuh Perbaikan

Batanghari

Berkas Mantan Sekdes Padang Kelapo Diserahkan Ke Pengadilan Tipikor Oleh Kejari Batanghari

Batanghari

Menggantikan Bupati Mhd Fadhil Arief, Sekda  M. Azan Melantik dan Mengambil Sumpah Janji Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama, Berikut Nama-Namanya

Batanghari

“Dengan Tema Hidup Rukun Yang Nyata, Persaudaraan Yang Mendalam” Bupati MFA Hadiri Pengesahan Warga Baru PSHT Batanghari NIC 149