RUU Penyiaran Dinilai Bungkam Kebebasan Pers, IWO Kritik Pembentuk Undang-Undang Wabup H. Bakhtiar Pimpin Rombongan Audiensi Ke Direktorat Pembibitan Dan Produksi Ternak DiJakarta. Sering Kehilangan Ternak, Warga Desa Aro Mintak Aparat Penegak Hukum Untuk Dapat Menangkap Pelakunya Wakil Bupati H.Bakhtiar Lakukan Audiensi Dengan Kementerian PPN/Bappenas, Demi Percepatan Pembangunan Di Batanghari Bupati MFA Kenal Pamit Bersama Dandim 0415/Jambi

Home / Batanghari / Daerah

Kamis, 16 November 2023 - 09:52 WIB

Bupati Batanghari Didampingi Kapolda Lakukan Penanaman Pohon Di Tahura Sultan Thaha Syaifuddin Jambi

Lintasjambi.co.id.Batanghari.- Usai ikuti Zoom Meeting terkait penanaman sejuta pohon bersama Kapolri, Menko PMK, dan Menteri Lingkungan Hidup dalam rangka penghijauan Republik Indonesia (RI) yang dilaksanakan serentak diseluruh Indonesia.

Bupati Batang Hari Muhammad Fadhil Arief, SE dampingi Kapolda Jambi Irjen Pol. Drs Rusdi Hartono melakukan penanaman bibit pohon di KM.13 Tanaman Hutan Raya (Tahura) Sultan Thaha Syaifuddin Jambi, tepatnya di Kelurahan Sridadi, Kecamatan Muara Bulian, Kabupaten Batang Hari, Rabu (15/11/2023).

Acara dihadiri, Dandim 0415/Jambi Kolonel Arm Eko Pristiono, Kapolres Batanghari AKBP Bambang Purwanto, Kajari Batanghari Muhammad Zubair, Kepala OPD dalam lingkup Kabupaten Batanghari, serta tamu undangan lain-nya.

Dalam acara Kapolda Jambi, Rusdi Hartono mengatakan bahwa bersama-sama dengan pak Bupati di Batanghari, Polres-polres lain juga bersama Forkopimda dan pada hari ini di Provinsi Jambi pihaknya melakukan penanaman pohon.

” Mulai September kita telah menanam 170.000 yang kita tanam, target kita 750.000. Ini menjadi bagian kesadaran kita bersama terhadap perubahan lingkungan,” kata Kapolda Rusdi

Ia masih mengatakan, perlu diketahui bersama sekarang panas sudah semakin tinggi, sekarang istilahnya tidak lagi global warming tetapi sudah global boiling. Tidak lagi pemanasan global, tetapi sudah perebusan global.

BACA JUGA  Wakili Bupati, Asisten 1 Setda Batanghari Membuka Musrenbang RKPD Kecamatan Mersam Tahun 2024

” Ini sudah lebih panas lagi, karena efek rumah kaca dan perilaku dari manusia. Inilah bentuk kesadaran kita bersama, menanam 10 juta pohon di Indonesia, 750 ribu di Provinsi Jambi mudah-mudahan ini bisa memperbaiki lingkungan, lingkungan lebih kondusif lagi sehingga ini bisa kita wariskan yang baik kepada anak cucu kita kedepannya,” ujarnya

Dijelaskan Kapolda Jambi, ada berbagai macam tanaman yang ditanami, dari mulai yang produktif hingga tanaman keras, seperti buah-buahan dan pohon hutan asli Indonesia.

“Ada yang produktif seperti pohon buah-buahan, mangga, durian, manggis, segala macam, dan juga pohon yang keras, pohon trembesi maupun pohon-pohon lain,” jelasnya.

Disebutkan Kapolda Jambi, inti dari kegiatan ini untuk mengedukasi masyarakat agar memiliki semangat menanam sehingga dapat memperbaiki lingkungan.

“Untuk di Batanghari kita mempunyai target 10.000 pohon.
Ini akan kita cukupi 10.000, kabupaten kota lain juga memiliki target yang sama, nanti pak Kapolres bersama Bupati mengejar target yang 10.000,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Kapolda, Kapolres dan jajarannya di Batanghari, ia berharap semoga bisa menjadi trigger serta daya ungkit yang baik.

BACA JUGA  Bupati MFA Hadiri Undangan Halal Bihalal dan Silaturahmi Bersama IBI Batanghari

“Kita coba sebelum ini untuk menghijaukan kembali Tahura Sultan Thaha Syaifuddin, tapi selalu gagal karena sering dicabuti masyarakat. Mudah-mudahan dengan giat hari ini kita bisa kembali mengedukasi masyarakat bahwa ini investasi untuk diri kita dan keturunan kita nantinya,” cetus Bupati Fadhil

Dijelaskan Bupati Fadhil, kemarin sudah terjadi El Nino (pemanasan suhu muka laut) walaupun panasnya naik sedikit sudah cukup menderita, kemudian timbul kerawanan tentang air, dan pohon ini harus digalakkan

Lanjut Fadhil, memang ada program Pemerintah Kabupaten Batanghari untuk menanam manggis di halaman rumah, tapi itu tidak akan cukup kuat untuk menopang Kabupaten Batanghari.

“Kita minta izin juga dengan pak Kapolda nantinya lewat jajaran Polres kita akan membuat ikatan lebih kuat warga di sekitar Tahura ini, bagaimana mereka investasi di pohon ini hingga ketika besar mereka bisa ambil kembali pohonnya,”ungkapnya

” Nanti bibitnya, pupuknya kita sediakan, mereka tinggal tanam saja, terima kasih pak Kapolda, pak Kapolres juga, yang sangat membantu kami di sini.”tutup Bupati Fadhil. (AD)

Share :

Baca Juga

Batanghari

Warga Napal Sisik Pagi-Pagi Dihebohkan Dengan Penemuan Mayat Terapung

Batanghari

Ketua DPRD Batanghari Anita Yasmin Pimpin Rapat Paripurna Dalam Rangka Penyampaian Nota Pengantar KUA-PPAS TA 2023

Batanghari

Hadiri Paripurna HUT Batang Hari Ke 74, Bupati MFA Ucapkan Terima Kasih Kepada Semua Elemen Masyarakat Atas Dukungannya

Daerah

Angkutan Batu Bara Kembali Dihentikan, Ini Penjelasan Dirlantas Polda Jambi

Batanghari

Lepas Calon Jemaah Haji Kabupaten Batanghari, Bupati MFA : Berangkat Haji Ini Untuk Menyempurnakan Iman

Batanghari

Bupati Batang Hari Hadiri Pembukaan MTQ Ke 19 Tingkat Kecamatan Bajubang.

Batanghari

Lantik 57 Orang Pejabat, Sekda M. Azan, SH, Kepercayaan Yang Diberikan Agar Dijalankan Dengan Baik dan Penuh Rasa Tanggung Jawab

Batanghari

Ketua DPRD Anita Yasmin, Pimpin Rapat Paripurna Dalam Rangka Penyampaian Nota Pengantar RAPBD-P Tahun 2023 dan Nota Pengantar RAPBD Tahun 2024