RUU Penyiaran Dinilai Bungkam Kebebasan Pers, IWO Kritik Pembentuk Undang-Undang Wabup H. Bakhtiar Pimpin Rombongan Audiensi Ke Direktorat Pembibitan Dan Produksi Ternak DiJakarta. Sering Kehilangan Ternak, Warga Desa Aro Mintak Aparat Penegak Hukum Untuk Dapat Menangkap Pelakunya Wakil Bupati H.Bakhtiar Lakukan Audiensi Dengan Kementerian PPN/Bappenas, Demi Percepatan Pembangunan Di Batanghari Bupati MFA Kenal Pamit Bersama Dandim 0415/Jambi

Home / Muaro Bungo / Politik

Rabu, 29 Maret 2023 - 15:04 WIB

Hasbi Anshory, Anggota DPR-RI : Empat Pilar Kebangsaan Menjadi Pedoman Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara. 

Lintasjambi.co.id.Muara Bungo.- Anggota DPR RI dari Fraksi NasDem Dapil Jambi H. Hasbi Anshory, SE. MM, menggelar sosialisasi empat pilar kebangsaan di Aula Kantor DPD Partai NasDem Kabupaten Bungo, Senin (27/3/2023).

Kegiatan itu menjadi sarana untuk menegaskan kembali empat pilar yang menjadi pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Hasbi Anshory mengatakan kegiatan empat pilar kebangsaan adalah program regular yang digagas MPR RI, secara berkala anggota MPR diberi kesempatan untuk mensosialisasikan kegiatan tersebut.

“Empat pilar kebangsaan perlu dimengerti, kalau dulu zaman orde baru ada P4, sekarang sudah tidak ada sehingga rakyat ada yang sampai hilang jati dirinya sebagai bangsa Indonesia,” ungkap Legislator kelahiran Mersam ini.

Politisi yang menjabat sebagai Sekretaris DPW NasDem Provinsi Jambi ini juga memaparkan langsung materi empat pilar dihadapan sekitar 200 undangan yang hadir.

“Hari ini saya menyampaikan materi tentang empat pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika,” katanya.

BACA JUGA  Asisten II Setda Batanghari Asri Yonalsyah, AP Menerima Kunjungan Kerja Pemerintah Kota Jambi Beserta Rombongan 

Menurutnya, sebagai anak bangsa kita punya Pancasila yang mempunyai prinsip bahwa Pancasila adalah azaz tunggal pandangan hidup kita sebagai pedoman berbangsa dan bernegara.

“Refleksinya hari ini, semakin hari semakin terkikis dengan arus globalisasi. Kita sekarang dihadapkan problem benturan peradaban. Ada peradaban yang menginginkan Indonesia berganti haluan dari Pancasila menjadi khilafah dan sebagainya,” terangnya.

Menurutnya, dalam sejarah berdirinya negara adalah sebuah kompromii kebangsaan dari berbagai suku, agama, etnis dan sebagainya. Oleh karena itulah kompromi kebangsaan ini yang harus kita jaga bersama sampai sekarang.

“Kegiatan empat pilar kebangsaan yang kita selenggarakan ini semoga menjadi hal penting, agar kita tidak kehilangan sebagai bangsa yang mempunyai Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, NKRI, menjadi panduan kita hidup berbangsa dan bernegara,” ucapnya.

Hasbi Anshory menyebutkan, dengan berpedoman empat pilar kebangsaan maka gerakan radikalisme yang semakin tajam di Indonesia bisa dikendalikan dengan baik. Selain itu, terkait tujuan berbangsa dan bernegara yang masih belum tercapai seutuhnya.

BACA JUGA  Wabup H. Bakhtiar SP, Wakili Bupati Batanghari Menghadiri Rakor Forkopimda Provinsi Jambi

“Karena itu perlu penyadaran kembali bahwa negara ini dibangun dengan kotrak politik sesuai UUD 1945 khususnya pada pembukaan. Tujuan berdirinya negara ini adalah untuk melindungi segenap bangsa, memberikan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut serta dalam menciptakan ketertiban dunia,” jelasnya.

Kegiatan sosialisasi empat pilar kebangsaan ini selain dihadiri oleh Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Bungo Jumiwan Aguza, SM, juga dihadiri anggota DPRD Bungo dari Fraksi NasDem, para Ketua DPC NasDem se-Kabupaten Bungo, Ketua GPND, Ketua Garnita Malahayati, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, mahasiswa serta para Bacaleg NasDem.

Dipenghujung acara diadakan acara santunan anak yatim piatu, aksi bagi-bagi takjil, buka puasa bersama dan dilanjutkan sholat Maghrib berjama’ah.(Lukman/Red**)

Share :

Baca Juga

Politik

Ketua DPRD Batanghari Anita Yasmin, SE Menghadiri Rakor Forkopimda Dalam Rangka Pemilu 2024

Batanghari

Didampingi Bupati, Ketua KPUD Batanghari Melepas Logistik Pemilu Serentak 2024

Batanghari

Bupati Batanghari MFA, Hadiri Pelantikan Anggota PPK “ Berpesan Jaga Integritas dan Netralitas Serta Harus Jurdil

Nasional

Sohibul Iman, PKS Resmi Dukung Anies Baswedan Capres 2024

Batanghari

Menang Telak, Yakub. S.Ag Terpilih Menjadi Kades Tenam Periode 2023-2028

Batanghari

Rusdi Madjid S.Sos Selaku Camat Muara Bulian Kunjugan Kekantor Desa Pelayangan

Batanghari

Ketua DPRD Batanghari, Anita Yasmin, SE, Hadiri Apel Kebangsaan Dan Deklarasi Pemilu Damai 2024

Batanghari

Apel Kebangsaan Dan Deklarasi Pemilu Damai 2024, Diakhiri Dengan Penanda Tanganan Kesepakatan