Sekretaris Daerah Batanghari Pimpin Apel Peringatan Hari Kebangiktan Nasional Ke-116 Hj. Nuraini Zubir Selaku Istri Wakil Bupati Batanghari Menghadiri Puncak Peringatan Hari Kartini Tingkat Provinsi Jambi Ke-146 Tahun 2024 Menghadiri Pembukaan MTQ Ke-28 Tingkat Kecamatan Batin XXIV, Bupati MFA:  Batang Hari Harus Bebas Dari Buta Aksara Al Qur’an Gagal Maju Melalui Jalur Independen, Pasangan Indra-Fauzi Mendatangi Kantor DPC PKB Batanghari RUU Penyiaran Dinilai Bungkam Kebebasan Pers, IWO Kritik Pembentuk Undang-Undang

Home / Batanghari / Daerah

Kamis, 10 Agustus 2023 - 11:08 WIB

Laksanakan Sosialisasi Pengisian Rekomendasi Statistik Sektoral, Asisten III : Data Yang Valid Kunci Utama Keberhasilan Pembangunan Suatu Daerah

Lintasjambi.co.id.Batanghari.– Sekretaris Daerah Kabupaten Batanghari, yang diwakili oleh Asisten III. Asri Yonalsyah membuka secara resmi kegiatan Sosialisasi Pengisian Rekomendasi Statistik Sektoral di Kabupaten Batanghari Tahun 2023. yang berlangsungdiruang pola kecil Kantor Bupati Batanghari. Selasa, 08/08/2023.

Kegiatan itu  diikuti seluruh Organisasi Perangkat Daerah, dalam lingkup pemerintahan Kabupaten Batanghari.

Dalam sambutannya, Asisten III Setda Batanghari, Asri yonalsyah menyampaikan “saat ini data dianggap sebagai kekayaan baru, data yang valid diyakini menjadi kunci utama keberhasilan pembangunan suatu daerah, dan  Pemerintah Republik Indonesia telah menetapkan Peraturan Presiden (Perpres) No. 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia (SDI), dengan Perpres ini diharapkan nantinya dapat mengatur tata kelola data yang dihasilkan pemerintah.

“ SDI bertujuan untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dipakai antar Instansi Pusat dan Instansi Daerah melalui pemenuhan prinsip satu data.

BACA JUGA  Destinasi Wisata Baru Taman Tapa Melenggang Yang Lagi Viral Dibanjiri Ribuan Pengunjung

Prinsip Satu Data yaitu Data yang dihasilkan harus memenuhi Standar Data, harus memiliki Metadata, Interoperabilitas Data, dan memenuhi kaidah harus menggunakan Penggunaan Kode Referensi dan Data Induk,” kata Asri.

Penyelenggaraan Satu Data Indonesia terdapat 3 (tiga) peran, yaitu Pembina Data, Walidata, dan Produsen Data. BPS (Badan Pusat Statistik) sebagai Pembina Data berperan untuk menetapkan standar data dan metadata yang berlaku lintas instansi dan berperan memberikan rekomendasi dalam proses perencanaanpengumpulan data, serta berperan dalam pembinaan data sektoral.

 

“Salah satu tugas BPS sebagai pembina data statistik memberikan rekomendasi dalam proses adalah perencanaan pengumpulan data.
Rekomendasi kegiatan statistik adalah saran dan masukan yang diberikan oleh BPS terhadap rancangan kegiatan statistik yang disampaikan oleh Kementerian/Lembaga/Organisasi Perangkat Daerah ke BPS melalui Dinas Komunikasi dan Informatika sebagai Walidata Kabupaten. Kegiatan statistik yang dilaporkan oleh Produsen Data tidak terbatas pada kegiatan survei saja tetapi termasuk kegiatan kompilasi produk administrasi (kompromin),” tuturnya.

“Tujuan dari rekomendasi kegiatan statistik ini adalah untuk menghindari duplikasi kegiatan statistik. Oleh karena itu diharapkan peran aktif dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam melaporkan kegiatan  statistik ke Badan Pusat Statistik, hal ini sangat membantu Badan pusat Statistik dalam mewujudkan Sistem Statistik Nasional (SSN) yang andal, efektif dan efisien.” Pungkasnya.

BACA JUGA  Tim Gabungan Bersama Warga Memusnakan  Sumur Ilegal Driling Disenami Jebak

Share :

Baca Juga

Budaya

Sukses Gelaran Pacu Perahu HUT Batanghari Ke-74 di Desa Terusan, MFA Tahun Depan Akan Kita Laksanakan Dua kali Dalam Setahun.

Batanghari

Lepas Peserta PENAS KTNA Ke-XVI, Bupati MFA : Kegiatan Ini Untuk Meningkatkan Motivasi Serta Kegairahan Petani Dan Nelayan

Batanghari

Rendahnya Capaian PAD, Anita Yasmin Meminta Bupati Batanghari  Melakukan Evaluasi Menyeluruh Terhadap Kinerja OPD

Batanghari

Blokade Jalan Lintas Muara Tembesi-Sarolangun, Warga Kampung Baru Paksa Sopir Angkutan Batu Bara Putar Balik

Daerah

Pemkab Batanghari Kembali Meraih Predikat WTP Untuk ke 9 Kali Nya, Dari BPK RI Perwakilan Jambi

Batanghari

Musrenbangdes Kecamatan Pemayung, Yoghie Prioritaskan 3 Poin Usulan Untuk Tahun 2024

Batanghari

Jeritan Histeris Ibu Korban, Melihat Triani Agustina Terbujur Tak Bernyawa

Batanghari

FT Selaku Karyawan Bank BRI Muara Bulian, Ancam Akan Lakukan Penyegelan dan Penyitaan Aset EM Selaku Nasabah.