Buka Rakor Kades Se-Batang Hari, Wabup Bakhtiar Harapkan Pemerintahan Desa Yang Efektif Dan Efisien Kepala Diskominfo Kabupaten Batanghari, Membuka Secara Resmi Rapat Pembinaan Operator Jaringan Komunikasi Terkait PSU Dua TPS Di Desa Kembang Seri, Wakil Bupati H. Bakhtiar Hadiri Rapat Koordinasi Bersama KPU Batanghari Dicekik Saat Menjalankan Tugas, Debb Colector FIF Cabang Muara Bulian Lapor Ke Polres Batanghari Warga Aro Di Hebohkan Dengan Maraknya Pencurian Rumah, Kadus Ari : Diduga Karna Maraknya Peredaran Narkoba

Home / Batanghari / Peristiwa

Rabu, 15 Februari 2023 - 14:28 WIB

Warga Ancam Tutup dan Blokir Jalan, Jika Angkutan Batu Bara Melewati Jalan Kabupaten di Desa Pompa Air

Lintasjambi.co.id, Batanghari.- Terkait adanya perusahaan tambang batu bara yang akan beroperasi di wilayah Desa Pompa Air Kecamatan Bajubang, berbagai pertanyaan mulai mencuat di kalangan masyarakat sekitar, yakni tekait jalur yang akan dipakai oleh armada angkutan batu bara nantinya.

Dar hasil penelusuran awak media di lokasi beberapa waktu lalu, saat ini di Desa Pompa air Kecamatan bajubang Kabupaten Batanghari mulai dilakukan kegiatan pembersihan lokasi/Land Clearing sebagai titik pengerukan mutiara hitam dari perut bumi oleh perusahaan Bara Jambi Utama (BJU).

Kades Pompa Air, Yasin saat dijumpai awak media, membenarkan bahwa perusahaan batu bara akan beroperasi di lokasi tersebut. Dan pihak perusahaan sudah melakukan sosialisasi dengan beberapa msyarakat sekitar.

“Benar akan ada tambang batu bara yang akan beroperasi di desa kami, dan untuk angkutannya nanti melalui jalan yang melintasi desa kami, kita sudah mendengarkan sosialisasi dari pihak perusahaan dan masyarakat sudah menyetujuinya,” ujarnya (27/01/2023)

BACA JUGA  DPRD Batanghari Laksanakan Paripurna Tentang Persetujuan Hibah Barang Milik Daerah Dan Penyampaian Nota Pengantar KUA PPAS TA 2024

Lanjut dia, berkenaan dengan angkutan batu bara yang melintasi jalan desa ini, juga sudah disepakati oleh Ketua BPD Desa Pompa Air.

“Segala kegiatan yang dilakukan tidak terlepas dari komunikasi dan komitmen, tinggal bagaimana pelaksanaannya nanti. Kami berharap, hadirnya usaha tambang ini membawa dampak positif bagi desa kami,” pungkasnya.

Di lain tempat, salah satu tokoh masyarakat setempat yang enggan disebutkan namanya mengaku belum memahami hasil dari sosialisasi antara perusahaan dengan masyarakat, Pemdes dan Pemerintah Kecamatan Bajubang.

“Kami mayoritas masyarakat belum memahami hasil sosialisasi yang disampaikan tempo hari,” ujarnya.

Sebagai bagian dari masyarakat Desa Pompa Air, tentunya mereka sangat tidak setuju dan tidak mengizinkan pihak perusahaan melintasi jalan Kabupaten Batanghari.

BACA JUGA  Warga Meminta Pihak Pertamina Agar Mencabut Izin SPBU 25.373.12, Karena  Diduga Kuat Sudah Menyelewengkan BBM Bersubsidi

“Jelas tidak boleh, jalan sudah hancur seperti ini akan lebih parah lagi kalau sudah dilewati angkutan batu bara. Belum lagi kemacetan yang besar kemungkinan akan terjadi apabila aktifitas tambang batu bara ini sudah berjalan,” tuturnya.

“Satu butir pun hasil tambang ini tidak boleh keluar, sebelum ada deal/ komitmen dengan masyarakat. Kalaulah ada fee untuk desa, peruntukannya untuk apa saja. Kalau mereka tetap melalui jalan ini sebelum ada komitmen tertulis dengan masyarakat, maka jalan akan kami tutup/blokir,” tegasnya.

Sementara itu, Camat Bajubang mengaku bahwa ia juga hadir pada kegatan sosialisasi antara masyarkat dan pihak perusahaan tambang.

“Saya hadir dalam sosialisasi kegiatan tambang batu bara di desa pompa air ini akan tetapi saya tidak mengikuti sampai selesai karena ada kegiatan lain,” singkatnya. (DA)

Share :

Baca Juga

Batanghari

Kejari Batanghari Ikuti Zoom Meeting, Tindak Lanjut Himbauan Jaksa Agung Dalam Penanganan Laporan Penggunaan Dana Desa

Batanghari

Jalan Nasional Ma Bulian-Ma Tembesi Rusak, Diduga Penyebabnya Angkutan Batu Bara

Batanghari

Serahkan Beasiswa Tangguh Dan Sertifikat PTSL, Bupati MFA : Anak Memiliki Hak Yang Sama Dibidang Pendidikan

Batanghari

Wakil Ketua I DPRD Batanghari M.Ja’far Pimpin RDP Konflik Lahan SAD Bukit XII VS PT APL

Batanghari

Azizah.SE Anggota DPRD Batanghari, Hadiri Musrenbang RKPD Anggaran 2025 Kecamatan Bajubang

Batanghari

Mewakili Bupati, Asisten 1 Setda Batanghari Menjadi IRUP Apel Rutin Senin

Batanghari

Direktur RSU Hamba Bersama Staff Melaksanakan Diskusi Bersama Bupati MFA

Batanghari

Bupati Batanghari Peringati Hari Anak Nasional Ke -39, Dengan Tema “Anak Terlindungi Indonesia Maju”