Sering Kehilangan Ternak, Warga Desa Aro Mintak Aparat Penegak Hukum Untuk Dapat Menangkap Pelakunya Wakil Bupati H.Bakhtiar Lakukan Audiensi Dengan Kementerian PPN/Bappenas, Demi Percepatan Pembangunan Di Batanghari Bupati MFA Kenal Pamit Bersama Dandim 0415/Jambi Nah….  Tongkang Batu Bara Kembali Berulah Halal Bihalal Bersama Bupati, Warga Sridadi Sampaikan Pendapat Dan Permasalahan Yang Terjadi Di Sridadi

Home / Batanghari / Daerah / Ekonomi

Jumat, 21 Juli 2023 - 15:02 WIB

Wakil Ketua I DPRD Batanghari M.Ja’far Pimpin RDP Konflik Lahan SAD Bukit XII VS PT APL

Lintasjambi.co.id.Batangahari.-  Wakil Ketua I DPRD Batanghari M.Ja’far Memimpin Rapat Dengar pendapat (RDP) mengenai Percepatan Penyelesaian Konflik  Suku Anak Dalam (SAD) untuk memenuhi  Hak Dasar dan Hak Sipil Sebagai Warga Negara Kesatuan Republik Indonesia di wilayah Kejasung – Bukit Xll, Kabupaten Batang Hari Provinsi Jambi, berlangsung Di Ruang Banggar DPRD Batanghari, pada, Selasa 18/07/2023.
 

Dihadiri Wakil Ketua  I DPRD Batang Hari M.Ja’far, Wakil Ketua komisi ll  DPRD Batanghari Tarmizi , Camat Maro sebo ulu, Kapolsek Maro sebo ulu, Danramil Mersam,Tim Intel dari Polres Batang Hari, Kadis Disbun, Dinas Satu Pintu, Badan Pertanahan Nasional Batang hari, Temenggung SAD M. Yusuf, ketua LP2TRI, Para Kades Dari Kecamatan Maro Sebo Ulu, Para Koperasi yang bermitra ke PT. APL, dan pihak menagement PT. Adimulya Palmo Lestari. 

Perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan Menjelaskan bahwa HGU PT. APL mencapai 5000 Ha itu didapat dari 6 Koperasi yang ikut bermitra kerjasama dengan sistim Bagi Hasil hasil 50:50 terhadap PT.APL.

BACA JUGA  M. Lubis. S.Pd Selaku Camat Kecamatan Lembah Masurai Beserta Staf Mengucapkan ” SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1 SYAWAL 1444 H/2023 M ”

 Ketiga koperasi tersebut yakni 1. Koperasi dari desa peninjauan, 2. Koperasi dari Kampung Baru, dan ke 3. Koperasi dari Padang kelapo. 

Pertemuan Tersebut sangat disayangkan, dikarenakan  pihak management perusahaan tidak mau menunjukan peta HGU Di Hadapan Para Anggota  Komisi ll dan anggota DPRD lain nya. 

Di tempat yang sama Pihak Badan Pertanahan Negara  Batanghari juga menjelaskan bahwa HGU PT.APL yang Terdaftar Sebanyak 3272 ha itu juga terbagi-bagi Karena lahan HGU nya ber spot-spot Katanya. 

dari hasil pemaparan tersebut Tarmizi Waka Komisi ll DPRD Batanghari dari Fraksi PPP dapil lV Sangat Kecewa, lya juga mengingatkan bahwa transparansi sangat penting dalam pemenuhan hak-hak warga, termasuk HGU PT.APL yang berada di wilayah Kecamatan Maro Sebo Ulu.

Iya berharap PT.APL bisa lebih terbuka dan transparan terhadap pihak pemerintah terkait HGU tersebut. Harapnya. 

BACA JUGA  Anita Yasmin. SE, Pimpin Rapat Paripurna Tentang Persetujuan Bersama DPRD Dan Pemkab Batanghari Terhadap Pajak Serta Retribusi Daerah 2023

Tarmizi menghimbau Selesai RDP ini Bisa Membuka titik terang Bagi Warga Suku Anak Dalam (SAD) seperti apa yang telah di Harapkan Selama ini, Karena Warga SAD juga Warga Indonesia dan Warga Asli Jambi. 

Kita Selaku wakil Rakyat dan Pemerintah Patut membantu (Suku Anak Dalam) untuk mendapatkan Hak hak mereka yang Selama ini Belum bisa dinikmatinya, Karna la juga Bagian Dari kita. 

Sudah disebutkan di sila ke 5 yang berbunyi Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia imbuhnya. 

Dalam kesempatan itu, utusan dari Pengadilan Negeri Batanghari juga memaparkan hasil persidangan yang telah dilakukan antara warga SAD dan PT.APL, yang menunjukkan hasil NO/Drau karena warga SAD kurang lengkap melibatkan pihak lain yang ingin digugat. 

Wakil ketua I DPRD Batanghari mengajak kedua belah pihak untuk menahan diri dan melakukan mediasi kembali jika belum menemukan titik temu. (Red**)

Share :

Baca Juga

Batanghari

Bupati MFA Lantik 673 PPPK Guru Untuk Formasi Tahun 2022 Dilingkup Pemerintah Kabupaten Batanghari

Batanghari

Kukuhkan Guru Penggerak, Bupati MFA : Tenaga Pengajar Harus Mengikuti Perkembangan Zaman

Batanghari

Bupati Batanghari Peringati Hari Anak Nasional Ke -39, Dengan Tema “Anak Terlindungi Indonesia Maju”

Batanghari

Bupati MFA Hadiri Tabliq Akbar Dalam Rangka HUT Ke-75 Kabupaten Batanghari

Batanghari

Hadiri Musrenbang Kecamatan Muara Bulian Tahun 2024, Sekda : Semua Pemikiran Yang Disampaikan Desa Akan Kita Tindak Lanjuti

Batanghari

Bupati Batanghari Lantik dan Mengambil Sumpah  46 PPPK 

Batanghari

Tutup Kegiatan Batanghari Expo, Bupati Fadhil : Kegiatan Ini Mampu Menggairahkan Kembali Roda Perekonomian

Batanghari

Penderita Kanker Darah di Batanghari Butuh Uluran Tangan